Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

KPK N Pertanyakan Puskesdes Lawe Sumur Kec Babul Rahmah Yang Tidak Difungsikan

Wednesday, 6 November 2019 | 5:55 pm
Reporter: Izaruddin
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 50
Puskesdes Desa Lawe Sumur Tidak Berfungsi hingga saat ini.

 

  •  Wabub Agara  :  Terimakasih Informasinya

ACEH TENGGARA,Pelita-RAKYAT.Com.Pemerintah pusat dan daerah setiap tahun meningkatkan pelayanan kesehatan hingga desa pedalaman dengan membangun gedung Puskesdes dan mengangkat bidan desa, namun sangat disayangkan bangunan hingga saat ini bidan desa tidak berada ditempat padahal puskesdes merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di daerah yang  jauh dari  jangkauan puskesmas atau rumah sakit, namun masih ada puskesdes  tidak dipungsikan hingga saat ini.

Dari hasil pantauan Pelita RAKYAT dengan LSM Komunitas Pemantau Korupsi Nusantara ( KPK- N) langsung ke puskesdes desa Lawe Sumur Kecamatan Babul Rahmah, Selasa,  (29/10), yang mana terlihat kondisi puskesdes tersebut sangat memprihatinkan, akibat tidak difungsikan, disekelilingnya semak, plapon pecah, lantai pecah.

Puskesdes Desa Lawe Sumur, Kondisi Lantai dan Plapon Pecah Pecah

Terkait kondisi puskesdes tersebut, kepada dinas kesehatan kabupaten Aceh Tenggara H.Zainuddin, SKM, M. Kes melalui sekretarisnya, Saiful Habib, SKM, pada Pelita Rakyat di dampingi LSM KPK Nusantara, Senen (4/11) di ruang kerjanya, sangt menyanyangkan kondisi puskesdes desa Lawe Sumur tersebut dan lagi bukan itu saja ada lagi puskedes lain yang tidak ditempati bidan desa, hingga kondisi puskesdes tidak terawat dan rusak, sementara bidan desa sudah ditempatkan diseluruh puskesdes dan wajib menempatinya.

Padahal bidan desa tersebut ada mendapat dana BOK, ujar Sekretaris kesehatan, akan tetapi besaran nilainya tidak disebutkan, akan tetapi bidan yang tidak menempati puskesdes sudah dilaporkan pada Sekda Aceh Tenggara dan ke kementrian kesehatan.

Junaidi Ketua DPC LSM Komunitas Pengawas Korupsi Nusantara ( KPK-N ) Kabupaten Aceh Tenggara, menanggapi tidak dipungsikan beberapa puskesdes di Aceh Tenggara, sangat menyesalkan apalagi puskesdes merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat di desa, dan bidan sudah ditempatkan, seharusnya bidan tersebut bertanggung jawab untuk melayani masyarakat yang datang berobat, dan lagi bidan setempat bertanggung jawab terhadaP kondisi aset daerah dan menjaga serta merawatnya, jadi selama ini mana tanggung jawab bidan tersebut.

Junaidi juga sudah konfirmasi dengan kepala puskesmas Lawe Sumur Kecamatan Babulrahmah, melalui telepon seluler, kepala puskesmas mengatakan sudah dilaporkan ke dinas kesehatan kabupaten dan dinas Kesehatan Provisi Aceh, selain itu Junaidi juga  konfirmasi pada Buhari, wakil Bupati Aceh Tenggara tanggapannya terkait tidak berfungsinya beberapa puskesdes di Aceh Tenggara, melalui pesan whats App, Kamis (31/10) wakil Bupati hanya menjawab ” Terimakasih Keterangannya ” tanggapan Wabub sesingkat itu jelas Junaidi. (IZ)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer