Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

Optimalkan Kelola Air di Musim Kemarau, Jasa Tirta II Terapkan Metode Gilir Air

Thursday, 26 September 2019 | 11:23 pm
Reporter: Romulo
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 150

 

PURWAKARTA, Pelita-RAKYAT.Com.Jasa Tirta II menerapkan metode gilir giring air untuk mengoptimalkan air ditengah musim kemarau. Alhasil, meskipun mengalami kekeringan dimusim kemarau panjang saat ini. Blok KW 8, Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang berhasil panen raya diarea irigasi seluas 484 Ha yang diari oleh Saluran Induk Tarum Utara Cabang Barat ruas B. Tub. 8 Blok KW 8.

Direktur Utama PJT II, Saefudin Noer mengatakan PJT II selaku pengelola air, pihaknya melakukan metode gilir giring air untuk mengoptimakan air ditengah musim kemarau panjang ini. “PJT II hadir dengan pengelolaan air yang baik sehingga kita bisa berpanen raya. Ini adalah keberhasilan bersama antara pengelola air dan masyarakat petani dalam mengoptimalkan air ditengah musim kering yang panjang ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, untuk menjaga pasokan air irigasi, Jasa Tirta II senantiasa memelihara kehandalan sungai, saluran, bendung dan waduk dengan kegiatan operasi dan pemeliharaan. “Di wilayah hulu Jasa Tirta II melaksanakan konservasi dengan semua stakeholder terkait seperti PTPN VIII dan Perhutani, untuk mengembalikan fungsi catchment area Daerah Aliran Sungai seperti Penanaman pohon, pencegahan pencemaran, penanganan sampah dan penataan sungai mati,” jelas Saefudin Noer, saat kegiatan Tasyakuran Panen Raya Jasa Tirta II di areal irigasi Saluran Induk Tarum Utara Cabang Barat B.Tub. 8, Kamis (26/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Ia pun mengajak semua pihak di wilayah sungai dan kawasan pertanian untuk meningkatkan gotong royong dalam mengelola air, sebagai amalan nyata dan bagian Dari semangat Pancasila.

“Mari kita bersama menggalakan program bersih-bersih sungai dan wilayah sungai, bendungan dan waduk, bendung dan saluran. Kita jadikan sungai sebagai halaman depan agar terus memperoleh dan manfaat dari air yang merupakan hajat hidup orang banyak,”ujar Saefudin Noer.

Menurutnya, Peningkatan kapasitas Jasa Tirta II dengan pemberian kewenangan pengusahaan yang lebih luas dan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) untuk lahan di Wilayah Sungai. Dimana didalamnya kewenangan pengusahaan PLTA dan energi baru terbarukan, pariwisata, dan properti di wilayah operasi lama maupun baru.

“Optimalisasi aset negara di wilayah operasi baru dan pengusahaannya oleh Jasa Tirta II perlu ditingkatkan. Seiring dengan perluasan wilayah dan penambahan wilayah sungai, PLTA, bendungan, bendung dan waduk yang dikelola Jasa Tirta II,” pungkasnya. (rt)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer