Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

Salurkan Subsidi LPG 3 Kg Secara Tertutup, Berdayakan BUMDes RW dan RT

Friday, 25 October 2019 | 2:52 pm
Reporter: Romulo
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 97

PURWAKARTA, Pelita RAKYAT.Com

LSM Amarta Purwakarta menilai persoalan harga gas elpiji 3 kg bersubsidi jauh melampaui harga HET, langka dan distribusinya salah sasaran merupakan isu siklus berkala. “Persoalan klasik ini tidak akan pernah tuntas karena tidak ada tindakan tegas dan nyata dari institusi yang berwenang. Masing-masing institusi berjalan sendiri tanpa kordinasi yang jelas dalam melakukan pengawasan dan tindakan hukum apabila ada pelanggaran peraturan perundang-undangan,” tegas Tarman Ketua LSM Amarta Purwakarta.

Ia mensiyalir ada upaya pembiaran sehingga persoalan ini hanya sebatas isu nakal yang tak jelas arah penyelesaiannya. “Rantai retribusi dari Pertamina, agen, pangkalan, pengencer lalu ke konsumen membuka ruang yang sangat besar bagi Pemburu rente. Ujung-ujungnya masyarakat hanya pasrah menjadi korban karena ulah para pemburu rente itu,” ungkap Tarman di Purwakarta, Jumat (25/10/2019).

Menurutnya, selama ini distribusi gas melon terlalu panjang dan tidak tepat sasaran. “Sederhana saja, perkuat dan berdayakan BUMDes dimasing-masing desa. Dari Pertamina, agen, BUMDes (Desa), lalu BUMDes bekerjasama dengan RW dan RT dalam pendistribusian ke warga masyarakat dilingkungannya. RW dan RT itu yang paling paham siapa warga masyarakat yang layak mendapatkan gas bersubsidi, karena yang berinteraksi langsung dengan warga masyarakat kan mereka,” imbuhnya.

Ia pun menyarankan penyaluran gas bersubdi dilakukan berdasarkan data warga masyarakat yang sudah terverifikasi oleh RW maupun RT. “Karena ini fokusnya pelayanan kepada masyarakat miskin, penyaluran gas elpiji bersubsidi dilakukan secara tertutup, dicocokkan dengan by name, by address. Perkuat Peran RW dan RT mendistribusikan gas elpiji tersebut langsung kepada masyarakat miskin, disamping itu BUMDes, RW dan RT harus bertanggungjawab agar penyalurannya tepat sasaran,” pungkasnya. (rt)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer