NEWS TICKER

Kepala Desa Cikamunding Masih Berupaya Mengajukan Bantuan COVID 19 Bagi Masyarakat Yang Belum Menerima

Jumat, 29 Mei 2020 | 9:37 pm
Reporter: Marwan
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 199

LEBAK, Pelita-RAKYAT.Com, Sebanyak 1106 orang sudah di ajukan untuk mendapatkan bantuan dana COVID 19 di Desa Cikamunding Lebak Banten. Dalam proses pengajuan, Kepala Desa Cikamunding melibatkan semua komponen pemerintahan desa termasuk Ketua Rukun Earga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) agar realisasi bantuan tersebut sesuai harapan dan amanah Presiden. Proses pelaksanaan mulai pendataan sampai menerima bantuan, merupakan upaya yang harus di lakukan Kepala Desa Cikamunding beserta jajaran. “Semua harus bersinergi, agar program ini maksimal dan menjangkau semua warga penerima” ungkap Ma’mun Soleh Kepala Desa di ruang kerjanya (28/05/2020).

Masih Soleh, bantuan yang di terima warga bersumber dari APBN /APBD  dan Dana Desa. Lanjutnya, untuk bantuan dari APBN dan APBD sudah terrealisasi dan langsung diterima masyarakat.Sedangkan untuk sebagian masyarakat yang belum menerima, Soleh berharap masyarakat bersabar menunggu proses pencairan. “Sampai saat ini kami masih tetap berupaya dan mengajukan untuk bantuan yang sumber dananya dari dana desa, karena untuk mencairkan bantuan yang bersumber dari dana desa butuh proses. kami menunggu bantuan pencairan APBN dan APBD selesai dulu” tambah Soleh.

Jelas Soleh lagi, dirinya khawatir akan muncul persoalan jika pihak desa mendahulukan pencairan. Tumpang tindih data penerima bantuan menjadi hal yang sering ditemukan. ” Untuk menghindarinya, kami akan melakukan pencairan setelah bantuan yang bersumber dari APBN dan APBD selesai” tambah Soleh. Dari 1106 orang yang terdata, sebanyak 861 orang sudah menerima, APBN sebanyak 520 orang dan APBD sebanyak 85 orang.Sementara dari Kabupaten sudah 256 orang yang menerima dan untuk yang belum ini masih dalam tahap proses.

Soleh berharap dan menghimbau masyarakat Desa Cikamunding Kecamatan Cilograng Kabupaten lebak Banten, agar bersabar menunggu dan menerima apapun bentuk bantuan yang datang melalui kantor desa,  karena itu bentuk upaya pemerintah desa. 

Soleh juga menyampaikan hal menarik lain menyoal pelaksanaan pendataan, seperti calon penerima yang sudah meninggal, namun tetap mencairkan uang tersebut karena orang tersebut masih mempunyai keluarga seperti istrinya dan anaknya.

Di kantor yang sama-Deda Komala.Spd-bendahara Desa Cikamunding, saat di tanya kendala dilapangan, mengatakan tidak menemukan permasalahan serius bertugas. “Alhamdulilah mulai dari pendataan,sementara ini tidak ada kendala, namun kami selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat” ujar Dida. Dia bercerita saat pendataan bantuan COVID 19, mereka juga sampai begadang dan ketiduran di kantor desa,tetapi bersama tim, mereka tetap semangat karena sudah menjadi tugas tanggung jawab sebagai pemerintah desa. Dia tidak mau mendengar ada tanggapan negatif dari masyarakat menyoal kinerja dirinya dan perangkat desa lainnya. Namun meski demikian, semua penilaian diserahkan kepada masyarakat karena punya pendapat masing-masing. Dia hanya bisa legowo dan lapang dada, hal penting baginya bahwa mereka sudah bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. (Marwan/e/Red-Tony)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer