Pelita-RAKYAT.Com
NEWS TICKER

Mendagri Minta DKPP Jaga Integritas dan Kepercayaan Publik

Jumat, 12 Juni 2020 | 8:07 pm
Reporter:
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 116

HUT Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Ke 8

Jakarta,Pelita-RAKYAT.Com, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) mampu memberikan citra penyelenggara pemilu yang dapat dipercayai publik dan meminta integritas tersebut dapat terus dijaga. Demikian kata Mendagri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKPP ke 8 yang tahun ini jatuh pada Jumat (12/06/2020).

“Nama DKPP sudah dikenal memiliki image yang baik dan kepercayaan publik yang cukup tinggi, untuk itu Kemendagri mengucapkan selamat atas prestasi-prestasi ini, dan tentunya mengharapkan agar integritas dan kepercayaan publik ini akan terus terjaga,” pesannya.

Mendagri menilai, dalam rentan usianya, DKPP juga telah mampu menjadi lembaga negara yang mewujudkan kemandirian, integritas, dan kredibilitas penyelengara Pemilu.

“Usia sewindu merupakan usia yg relatif muda bagi suatu intitusi negara, namun dalam perjalanan usia tersebut DKPP telah membuktikan karya-karyanya dalam upaya mewujudkan kemandiriaan, integritas, dan kredibilitas penyelenggara pemilu,” kata Mendagri.

Sebagai lembaga negara penyelengara pemilu yang independen, kehadiran DKPP memiliki peranan yang sentral, terutama dalam mengimbangi dan mengawasi kinerja dari KPU dan Bawaslu untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas. Terlebih, dalam Pilkada Serentak 2020, kondisi nasional dihadapkan pada situasi wabah yang telah menjadi pandemic global, yakni Covid-19.

“DKPP akan menjadi sangat penting, tentu kita mengetahui bahwa DKPP sebagai unsur pengawas, melaksanakan tugas untuk check and balance dalam rangka untuk menciptakan kualitas demokrasi yang baik terutama dalam rangka penyelenggaraan dan pengawasan election baik nasional maupun tingkat lokal. Oleh karena itu, peran DKPP menjadi sangat penting dalam rangka untuk menjaga kualitas demokrasi pilkada 2020 ini dapat berjalan lancar ditengah keadaan yang luar biasa, banyak perubahan yang harus dilakukan,” tuturnya.

Diakhir, Mendagri berpesan, selain tetap menjaga independensi, diharapkan DKPP mampu mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan lancar dan aman dari Covid-19.(Puspen/Red-Ton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *