Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

Edukasi Dampak Gadget Terhadap Anak

Wednesday, 30 October 2019 | 4:36 pm
Reporter:
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 51
alt=

Jakarta, Pelita-RAKYAT.Com, Lotte Mart Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu 26 Oktober 2019 mengadakan acara Baby Fair. Dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan pada salah satu topik yang diusung. Bagaimana bahaya gadget untuk anak, dan seperti apa penggunaan gadget yang baik buat anak, semua dikupas diklat edukasi bertema “BABIES AND KIDS FAIR” ini.

Selain mengedukasi anak-anak agar bijak menggunakan gadget, acara ini juga selenggarakan Fashion Show. Dalam acara ini juga turut dihadiri Artis dan Presenter TV Maya Septha, dan Psikolog anak Lecya Laita, M, Psi.

“Sangat menarik tentang Gadget dan anak diera sekarang ini, bagaimana mempertimbangkannya, dan bagaimana diskusi yang harus dilakukan oleh orang tua itu sesuai dengan keadaan saat ini. Bagaimana anak dilahirkan diera digital dan tidak bisa dihindari, kemudian perlu orang tua untuk tau mempertimbangkannya seperti apa. Dan selain mengedukasi tentang Gadget di sini juga menampilkan Fashion Show untuk anak anak, “kata Lecya Laita, M, Psi sebagai psikolog anak, pada bangun media di sela acara, Babie And Kids Fair.

Dia menjelaskan, bahwa semua kontrolnya ada di orang tua.Bagaimana orangtua bisa memberikan batasan yang jelas, konsisten dan memberikan contoh, bagaimana menggunakan Gadget yang tepat untuk anak.”Jadi kuncinya semua ada di orang tua.Kalau orangtuanya tegas dan orangtuanya bisa memberikan batasan konsisten, maka dampak negatif penggunaan Gadget bisa diminimalisir, “ jelas Lecya.

Sementara itu,  Maya Septha, artis dan presenter disalah satu stasiun televisi mengatakan, penggunaan Gadget tidak bisa dipungkiri dan tidak boleh melarang anak menggunakan Gadget.Menurutnya,banyak anak  mengerjakan tugas sekolah secara online, dan semua sudah aplikasi mau tidak mau harus menggunakan Gadget.

“Jadi sekarang bagaimana pemakaian Gadget ada batas.Salah satu caranya, membatasi waktu pemakaian Gadgetnya dan harus meminta izin dulu kepada orang tua, “ujar Maya.

Maya juga menjelaskan, tidak bisa melarang anak menggunakan Gadget.Para orang tua harus memiih kreatif dan membuat kegiatan untuk anak. Salah satu tips dan trik mengurangi penggunaan gadget, cara kreatif menurutnya seperti dialihkan ke permainan dihalaman rumah. “Membatasi penggunaan Gadget cukup 30 menit.” Ujarnya. (AS / red-ton)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer