NEWS TICKER

Tanggung Jawab Menjadi Kunci Keberhasilan Realisasi Bantuan Sosial Tunai Di Desa Cikaret Berjalan Lancar

Senin, 18 Mei 2020 | 5:39 am
Reporter: Hermawan
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 277

LEBAK, Pelita-RAKYAT.Com, Peran Pemerintahan Desa dalam realisasi penyaluran bantuan sosial tunai merupakan parameter keberhasilan berjalannya program APBN ini. Seperti di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak Banten salah satunya. Pihak desa selalu berupaya maksimal agar penyaluran ke 184 penerima bantuan sosial tunai yang ada di desa ini terealisasi dengan baik. Muhidin, Sekretaris Desa Cikaret-Minggu (17/05/2020)-mengakui, banyak hal yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan penyaluran aman, tertib dan kondusif.

Menurutnya, memberi pemahaman kepada masyarakat perihal bantuan pemerintah ini menjadi poin penting. Timbul kecemburuan bagi masyarakat non penerima. Muhidin melanjutkan, pihak desa terus mensosialisasikan tujuan bantuan dan kriteria-kriteria masyarakat yang layak menerimanya.”Terlebih dahulu kami mensosialisasikannya ke masyarakat.Tujuan dan kriteria penerima bantuan” ujarnya.

Saat ditanyakan proses pencairan bantuan, Muhidin menyampaikan, bahwa pemerintah telah bekerjasama dengan PT POS yang ada di wilayah masing masing. “PT POS langsung datang ke kantor desa, dan selaku Sekertaris di Desa  Cikaret, saya langsung mendampingi masyarakat untuk pengambilan uang tersebut, agar tetap tenang dan aman” jelasnya lagi.

Seperti di beberapa tempat, kata dia, tidak sedikit kejadian kisruh terjadi saat pembagian bantuan. Seperti dikatakannya diatas, cemburu sosial menjadi penyebabnya. “Sebab itu, pihak desa selalu mendampingi dan selalu menjelaskannya ke masyarakat agar paham. Keamanan dan ketertiban saat penyaluran sudah menjadi tanggung jawab kami ” lanjut Muhidin.

Dirinya berharap  masyarakat yang mendapatkan bantuan agar memanfaatkannya sesuai kebutuhan masing masing dan yang belum mendapatkan, agar senantiasa bersabar. Tambah dia,  pihak desa sudah berupaya maksimal mengusulkan kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat agar ada penambahan penerima. “Bahkan sampai hari ini kami masih tetap berupaya mengusulkan” imbuhnya.

Muhidin juga senantiasa berharap, masyarakat Desa Cikaret lain yang layak mendapatkan bantuan kiranya dapat disetujui pemerintah. Alasannya, data yang diusulkan mereka ke pemerintah sesuai dengan kriteria-kriteria ketentua persyaratan yang diminta.” Kami usulkan kepada pemerintah agar semuanya mendapatkan bantuan. Karena data yang diusulkan semuanya layak untuk mendapatkan, dan ini salah satu tanggung jawab kami sebagai pemerintahan desa membantu masyarakat agar memperoleh bantuan” katanya mengakhiri.(M/F/Red-Ton)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

VelocityDeveloper.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer