Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

Operasi Zebra Lodaya 2019 Purwakarta, Tindakan Penegakan Hukum 80%

Wednesday, 23 October 2019 | 8:30 pm
Reporter: Romulo
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 109

PURWAKARTA, Pelita RAKYAT.Com.Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius menegaskan operasi zebra lodaya 2019 yang akan digelar 14 hari kedepan. Dimana tindakan penegakan hukum sebanyak 80%, sementara 20% edukasi dan sosialisasi terhadap pelanggar lalu lintas. “Porsinya, tindakan penegakan hukum 80%, edukasi dan sosialisasi 20% bagi yang terjaring pelanggar lalu lintas. Kita juga akan menindak tegas kendaraan yang over dimensi dan over load,” kata Matrius.

Lebih lanjut, Ia menekankan agar seluruh aparat yang terlibat dalam operasi ini, tidak ada ucapan dan tindakan ekstra terhadap para pengguna jalan maupun pelanggar lalu lintas. “Saya himbau kepada seluruh aparat agar tidak ada ucapan dan tindakan ekstra kepada para pengguna maupun pelanggar lalu lintas, supaya tidak ada komplain dari masyarakat. Saya juga himbau kepada seluruh instansi agar satu visi dalam pelaksanaan tugas operasi zebra lodaya ini,” jelas Kapolres, usai Apel gelar pasukan operasi zebra lodaya 2019 di Mapolres, Rabu (23/10/2019).

Kapolres juga mengajak instansi pemerintah kabupaten bersama-sama melakukan operasi ini dari tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019 dalam rangka penertiban jalan dan trotoar. “Meningkatkan kualitas pelayanan publik, penertiban seluruh bagian jalan baik itu bahu jalan maupun trotoar. Berikan hak bagi pejalan kaki, tertibkan trotoar dari spanduk-spanduk,” imbuhnya.

Dilanjutkan Matrius, ada lima pilar penting yang menjadi target dalam operasi lodaya ini, sesuai rencana umum nasional keselamatan lalu lintas angkutan jalan. Dimana ditargetkan pada tahun 2020 tingkat korban kecelakaan meninggal dunia harus turun 50% dari tahun 2010. “Ada lima pilar yang harus diperbaiki. Pertama, management keselamatan jalan, ini urusan Bapeda Pemda. Kedua, jalan yang berselamatan oleh Dinas PU. Lalu yang ketiga, kendaraan yang berselamatan domainnya di Dinas Perhubungan. Keempat, perilaku pengguna jalan yang berselamatan, ini tugas Polri khususnya Satlantas. Terakhir, penanganan korban pasca kecelakaan, ini domainnya tim medis dari Dinas kesehatan dibantu oleh pihak rumahsakit dan untuk asuransinya oleh Jasa Raharja,” paparnya. (rt)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer