Surat Kabar Pelita Rakyat
NEWS TICKER

Pemerintah Pusat Pertimbangkan Pemekaran Papua untuk Percepatan Pembangunan

Wednesday, 30 October 2019 | 9:56 pm
Reporter:
Posted by: Pelita Rakyat
Dibaca: 44
alt=

Jakarta, Pelita –RAKYAT.Com, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian usai mengadakan Rapat Terbatas di Istana Negara Jakarta, Rabu (30/10/2019) mengatakan, Pemerintah mempertimbangkan melakukan pemekaran Papua untuk meningkatkan pembangunan. Hal itu dilakukan menanggapi aspirasi masyarakat dan tokoh-tokoh Papua usai serangkain konflik di sana.

“Kemarin waktu kunjungan ke Papua kita melihat aspirasi masyarakat di situ, dan juga untuk meningkatkan pembangunan di sana sekaligus memperbaiki keamanan. Di memperbincangkan yang membahas aspirasi dari Papua Selatan, Papua Tengah, dan ada Papua Pegunungan Tengah,” kata Mendagri.

Ia menjelaskan, sampai saat ini. Tujuan diskusi pemekaran yang telah mendapatkan persetujuan gubernur adalah wilayah Papua Selatan yang memuat beberapa wilayah.

“Di Papua itu ada tujuh suku besar di sana. Nah yang sudah bulat itu, artinya di Papua Selatan sendiri minta dan Pak Gubernur juga diminta. Dalam pembicaraan kemarin, Papua Selatan memuat Merauke, Asmat, Mappi, Boven Digul, Karena itu salah satu persyaratannya minimal ada lima kabupaten / kota.Untuk itu Merauke dibagi dua, yaitu Kabupaten Merauke dan Kota Merauke “jelasnya.

Meskipun demikian ia menyelesaikan, pemekaran ini masih dalam proses pengkajian lebih lanjut dan akan dilakukan secara bertahap, serta diselesaikan dengan persetujuan anggaran yang ada.

“Nah ini yang kita lihat satu suara di Papua Selatan, sementara Papua Pegunungan Tengah perlu dilakukan diskusi lagi dan menunggu dulu aspirasi dari bawah, kalau sudah cocok mungkin bisa disetujui, kalau tidak cocok nanti bisa kita perbaiki,” terangnya.

Hingga saat ini moratorium pemekaran masih dilakukan Pemerintah atas pertimbangan. Namun, khusus wilayah Papua, Pemerintah tengah mengkaji pengecualian pemekaran karena ada aspirasi dan kekhususan di Papua, dan untuk pemerataan pembangunan dan mempertimbangkan aspek keamanan. (RLS)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Pelita Rakyat Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer